Belajar Bahasa Inggris

Beberapa Tips Berbicara Dalam Bahasa Inggris

Kebanyakan dari kita memiliki kendala ketika belajar bahasa Inggris adalah di dalam keterampilan berbicaranya, ya seringkali karena bahasa ibu yang terlalu dominan dalam pembicaraan kita sehari-hari membuat kita agak susah untuk memulai pembicaraan dalam bahasa inggris.  Namun, semua bisa dilatih,  tidak ada yang tidak mungkin bagi mereka yang ingin meningkatkan ketrampilan dalam berbahasa inggris. Dan dengan latihan yang intensif, keterampilan berbicara bahasa Inggris Anda dapat mencapai tahap dimana mampu dipahami oleh setiap orang yang berbahasa Inggris secara global. Berikut ini adalah beberapa tips meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris Anda.

1. Mendengarkan Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Tahap awal dalam belajar berbicara bahasa Inggris adalah dengan mengembangkan sebanyak-banyaknya kosa kata dalam bahasa Inggris. Cara terbaik untuk mengembangkan kosa kata verbal adalah dengan mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris ataupun membaca buku bahasa Inggris. Dan sekarang, dengan teknologi maju yang semakin berkembang, sangat memungkinkan bagi Anda untuk mengakses percakapan dalam bahasa Inggris internet, video-video pembelajaran streaming ataupun dari CD/DVD belajar yang bisa anda dapatkan dari berbagai sumber. Mendengarkan dan menguasai lafal yang berbeda akan membantu Anda dalam menyempurnakan keterampilan berbahasa Inggris Anda.

2. Praktek Berbicara Bahasa Inggris

Ingin bisa berbicara bahasa Inggris, tentu saja harus latihan praktek berbicara. Tidak ada cara lainnya selain Anda harus membiasakan praktek berbicara bahasa Inggris. Anda tidak harus berada dalam lingkungan berbahasa Inggris baru kemudian berbicara dalam bahasa Inggris, salah satu cara efektif untuk praktek berbicara bahasa Inggris adalah membaca dengan suara yang kuat/lebih keras. Ini akan memperkuat lidah Anda dalam hal melafalkan kata-kata dengan lebih jelas dan lantang. Cobalah untuk membuat daftar kata-kata bahasa Inggris yang sulit dan beri perhatian lebih dengan berbicara lebih perlahan pada intonasi yang benar.

3. Merekam suara Anda

Dalam hal berbicara bahasa Inggris yang dicari bukanlah kesempurnaan melainkan pemahaman. Apakah pada saat Anda berbicara, lawan bicara Anda memahami apa yang Anda katakan atau tidak. Ternyata mendengarkan percakapan Anda sendiri dapat membantu Anda dalam mengevaluasi intonasi serta struktur yang benar. Hal ini akan menjadi sesuatu yang menarik sebagai permainan berbahasa Inggris dalam bentuk cerita atau tanya jawab.

4. Mendengar dan Menyanyikan Lagu-lagu Berbahasa Inggris.

Cara lainnya yang dapat membantu Anda dalam berbicara bahasa Inggris adalah dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang anda sukai dan mencoba untuk menyanyikannya lagi. Simak lagi koleksi lagu-lagu favorit Anda dalam bahasa Inggris, dengarkan dengan seksama di waktu luang kemudian cobalah untuk menyanyikannya lagi. Anda bisa mencoba memahami isi ataupun lirik dari lagu tersebut dengan mencari tahu apa arti dari lirik lagu yang anda nyanyikan tadi. Selain melatih cara pengucapan kata-kata baru yang anda temukan, kosa kata Anda juga akan semakin luas dan cara pelafalan dalam berbicara bahasa Inggris semakin berkembang maju.



Semoga tips-tips ini bisa sedikit memotivasi dan membantu anda tuk terus belajar bahasa inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar